Entri yang Diunggulkan

Meja Minimalis Unik dengan Bentuk Koper untuk Ruang Tamu Anda

Meja Minimalis Unik dengan Bentuk Koper - Salah satu bagian penting didalam rumah adalah furnitur. Fungsinya sebagai pelengkap, menjadikan ...

5 Kebiasaan yang Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh semua orang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat adalah dengan melakukan diet dan olahraga teratur. 

Dengan begitu, sistem imun akan meningkat dan dapat menahan berbagai macam penyakit yang mencoba menyerang tubuh.

Selain itu, kebiasaan sehari-hari juga ikut andil dalam menentukan kesehatan tubuh. Kebiasan buruk dapat melemahkan dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Namun ada beberapa orang yang menyepelekan hal tersebut. Padahal sistem imun yang baik dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti pilek, flu, infeksi oleh virus, dan penyakit lainnya.

Untuk mendapatkan sitem kekebalan tubuh yang kuat, hindarilah kebiasaan buruk anda mulai dari sekarang. 

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Beberapa hal yang dapat menurunkan dan melemahkan sistem imun adalah sebagai berikut.

Kebiasaan Tidur yang Buruk

tidur malam

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi. Apabila anda memiliki waktu tidur yang kurang akan berdampak pada kekebalan tubuh anda. Sistem imun anda akan menurun dan melemah dengan semakin buruknya kualitas tidur anda.

Untuk itu mulai dari sekarang hindari bekerja dan beraktifitas dimalam hari. Jangan menonton televisi sampai larut malam, jangan pula bermain game. Karena itu semua hanya menyebabkan menurunnya sistem imun pada tubuh anda.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

makanan minuman manis

Semua yang berlebihan pasti berbahaya, termasuk mengonsumsi gula. Apabila anda terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh anda menurun.

Cara terbaik mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis adalah dengan buah. Buah bisa menutupi kebutuhan anda dalam mengonsumsi makanan manis. Pilihlah buah jeruk, apel, mangga, dan semangka yang mengandung gula alami.

Lupa Minum Air

minum air putih

Saat anda terlalu sibuk bekerja dan melakukan hal yang mungkin anda sukai. Terkadang anda bisa lupa meminum air putih. Jika anda tidak memiliki cukup air untuk kebutuhan tubuh anda, itu dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Idealnya tubuh membutuhkan 8-10 gelas air putih setiap harinya. Luangkan sedikit waktu untuk mencukupi kebutuhan air tubuh anda disela-sela anda bekerja dan beraktfitas.

Minum Kopi Berlebihan

kafein kopi

Dewasa ini mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Dengan beragam varian, kopi sudah banyak tersedia di berbagai tempat. 

Sehingga terkadang minum kopi menjadi salah satu kebutuhan. Padahal minum kopi berlebihan bukanlah hal yang baik bagi kesehatan.

Mengonsumsi terlalu banyak minuman berkafein dapat melemahkan sistem imun anda. Kafein yang belebihan menyebabkan sistem saraf merangsang tingkat stres pada tubuh. 

Pada tubuh yang memiliki tingkat stres tinggi akan melepaskan hormon kortisol. Kehilangan hormon kortisol akan melemahkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah rentan terinfeksi virus.

Tidak Menggunakan Tabir Surya

sinar matahari

Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan terutama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. 

Sinar matahari pagi dapat membantu tubuh dalam menghasilkan Vitamin D. Namun, terlalu banyak aktfitas dibawah sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya tidak baik juga bagi kesehatan.

Sinar matahari ultraviolet yang banyak pada siang hari dapat menurunkan sistem imun. Bahkan bisa merusak sel tertentu pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai petahanan pertama tubuh terhadap kuman. 

Oleh karena itu, gunakanlah tabir surya apabila anda banyak beraktifitas diluar ruangan pada siang hari.Dari daftar tersebut, apakah salah satunya adalah kebiasaan anda juga? 

Jika iya, cobalah untuk tidak melakukannya, agar tubuh anda selalu sehat dan kuat walaupun sudah berumur.

0 Response to "5 Kebiasaan yang Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Menurun"

Posting Komentar